Langsung ke konten utama

Update Ujian Praktik Bahasa Sunda 2024


ASALIST POST
                               Silakan memirsa video laiinnya pada bagian dokumentasi di akhir uraian.

           Dengan tujuan mengukur kompetensi siswa pada akhir jenjang kelas IX di SMP Islam Ar Ridho. Maka telah dilaksanakan kegiatan Ujian Praktik Bahasa Sunda mulai tanggal 2 Mei 2024 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Berikut ini pemaparan model pembelajaran bahasa sunda dan dokumentasi kegiatan ujian praktik bahasa Sunda tahun pelajaran 2023-2024.

A.     MODEL PEMBELAJARAN MULOK BAHASA SUNDA

Model utama dalam pembelajaran bahasa sunda adalah model Etnopedagogik Genre (MEG). Model yang berbasis genre etnografis (kearifan lokal) ini didasari oleh nilai-nilai budaya lokal, yang merupakan jati diri (identitas) kultural bangsa. Dalam hal ini, nilai-nilai budaya lokal diharapkan dapat muncul dan diwariskan dalam pendidikan kepada generasi muda (siswa SMP Islam Ar ridho). Dengan demikian, pembelajaran bahasa Sunda bermatra ganda, disamping membina kemampuan berbahasa dan bersastra Sunda, juga melestarikan dan menumbuhkan budaya Sunda. Model ini memiliki 4 (empat) tahapan yakni (1) penjelasan teks untuk membangun konteks etnografis (explaining, building the etnografic, and context), (2) pemodelan (modeling), (3) pembimbingan (joint construction), dan (4) pemandirian (independent construction). Guru mata pelajaran dapat menggunakan model pembelajaran lain sesuai dengan tujuan dan konteks tertentu. (diadaptasi dari : https://www.ainamulyana.info/2022/07/capaian-pembelajaran-cp-mulok-bahasa.html)

B.     STANDAR KOMPETENSI LULUSAN    

Mampu membaca, memahami, menjiwai beragam teks drama bahasa sunda berdasarkan novel (karya sastra), mencari inspirasi dari literatur kitab “parukunan sunda” sebagai pengayaan materi “biantara” bahasa sunda pada semester sebelumnya (ganjil). Penggunaan kecap-kecap dalam bahasa loma dan bahasa hormat serta idiom menjadi pertimbangan aspek penilaian kompetitif.

Aspek penilaian ujian praktik komparatif ditentukan berdasarkan penampilan (midangkeun) drama secara berkelompok meliputi :

1.  Menyusun naskah drama (menulis);

2.  Memirsa drama yang ditampilkan di depan kelas disertai pemberian tanggapan (ulasan);

3.  Berekpresi secara pribadi dengan peran yang dimainkan (sikap percaya diri);

4.  Beraksi (acting) melalui dialog antar tokoh yang memerhatikan intonasi dan pilihan kata yang tepat serta variatif (diksi kecap bahasa loma, bahasa hormat, idiom maupun paribasa yang disajikan);

5. Properti, berupa kostum dan kreasi penyajian, tata panggung kondisional dan suasana yang dipentaskan.

C.     KOMPETENSI YANG DIUJI

       Mampu melakukan dan menjiwai  beragam teks drama fiksi maupun non fiksi

D.     ASPEK BAHASAN 

       Tokoh dan penokohan (membangun karakter)

E.      MATERI                 

       Drama Bahasa Sunda

F.      INDIKATOR

1.      Siswa mampu menulis (menyusun) naskah drama satu babak;

2.      Siswa mampu berekspresi dalam drama satu babak bersama kelompoknya;

3.      Siswa mampu berdialog bahasa sunda dengan intonasi yang tepat disertai gesture yang menarik;

4.      Siswa memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam kegiatan praktik secara mandiri.

G.     KRITERIA PENILAIAN

a.      Penulisan Naskah Drama (nulis)

1)      Struktur penulisan

2)      Ketepatan tanda baca

3)      Unsur Intrinsik

4)      Kreatifitas (perbendaharaan kata yang luas).

Rentang Nilai : 80 - 100

b.      Penampilan Drama (midangkeun)

1)     Ekspresi (keseriusan dan kepercayaan diri)

2)      Aksi (Acting), intonasi dalam dialog disertai penjiwaan yang tepat.

3)      Properti (kostum yang sesuai dan tata panggung yang menarik)

4)      Memirsa dan memberi tanggapan pada penampilan kelompok drama lainnya

Rentang Nilai : 80 - 100

      H. DOKUMENTASI
           Galeri dokumentasi selengkapnya dapat mengikuti tautan youtube berikut :  
           https://bit.ly/4dptEsB
            atau melalui instagram di bawah ini!
            atau klik google drive berikut :                               
            Bagi yang masih membutuhkan perbaikan, silakan klik saja kanal berikut :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Laporan Hasil Observasi

ASALIST POST Putri Atikah 84 Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi & Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Islam Ar Ridho Secara umum, teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat tentang penjelasan secara umum atau bisa juga untuk melaporkan sesuatu berdasarkan apa yang diperoleh dari hasil pengamatan. Teks laporan hasil observasi ini memiliki isi mengenaiklasifikasi tentang jenis-jenis apa yang diamati berdasarkan kriteria tertentu.  Teks laporan hasil observasi pada dasarnya adalah pendeskripsian suatu objek dalam bentuk, ciri, dan sifatnya umum. Objek yang diamati dalam teks laporan hasil observasi diantaranya yaitu manusia, hewan, tumbuhan, benda, sosial, budaya hingga berbagai peristiwa yang terjadi dengan acuan fakta dan objektif atau kenyataan. Sebagai teks yang berbentuk laporan, laporan sendiri dapat dipahami sebagai sebuah cara komunikasi yang umum dilaksanakan oleh para peneliti hingga para ahli agar informasi dapat tersampaikan secara maksimal. Ha...

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi berdasarkan Strukturnya

ASALIST POST Nah, setelah mengetahui teks laporan hasil observasi pada halaman berikut! : https://asalistis.blogspot.com/2024/08/teks-laporan-hasil-observasi.html Yuk , kita lihat   contoh teks LHO   sebagai referensi untuk membuat laporan hasil observasimu. 1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Makanan Khas Indonesia; Nasi Liwet, Makanan Tradisional Indonesia dengan Ragam Lauk yang Nikmat       Nasi liwet adalah salah satu kuliner tradisional khas Indonesia, khususnya dari daerah Solo dan Sunda. Nasi ini dikenal karena rasanya yang gurih dan aroma khas yang menggugah selera. Proses memasak nasi liwet berbeda dari nasi biasa karena menggunakan santan dan berbagai rempah-rempah, yang memberikan cita rasa yang kaya dan lezat.           Nasi liwet dimasak dengan bahan-bahan utama seperti beras, santan, daun salam, serai, dan garam. Proses memasaknya melibatkan beras yang dimasak dalam santan bersama rempah-rempah tersebut hing...

Dalam Proses Pengembangan Blog

Informasi tentang perkembangan SMK Al Murqoniyah dan sekitarnya..